Lab. Mini Bank
Apakah Lab.Mini itu?
A.Pengertian
Mini Bank adalah suatu kegiatan
perbankan yang diadakan didalam sekolah, hal ini laiknya seperti Laboratorium
Bahasa, Komputer dan sejenisnya. Cuman kegiatan ini seperti bank umumnya, Mini
Bank juga menampung dana dari siswa serta seluruh civitas yang ada, juga bisa
untuk melayani pinjaman terhadap individu civitas.
Dalam kegiatan sehari-hari, pelayanan berjalan ditangani
oleh siswa yang mendapat tugas sebagai petugas, baik sebagai Teller Bank,
Administrasi Pencatatan, Opertator Komputer atau juga Pembukuan Akuntansi.
Meskipun dalam prakteknya sudah
ditangani komputer dengan Program Mini Bank, namun sebagai bahan pembelajaran
untuk siswa, tetap harus diadakan pencatatan untuk pembukuan secara manual. Tidak
lebih sebagai bahan kajian siswa bahwa dari sebuah transaksi yang dilakukan
secara manual bersanding dengan bantuan komputer yang bisa langsung berjalan
otomatis sampai dihasilkan laporan keuangan dalam bentuk neraca.
Apa Keuntungannya dengan adanya Laboratorium
Mini Bank di sekolah ?
B. Fungsi
Dengan adanya Lab. Mini Bank, maka
disamping sebagai pembelajaran dan pegumpulan dana dari seluruh civitas (Guru,
TU, Siswa), yang lebih utama lagi adalah seluruh aktifitas yang berkaitan
dengan keuangan dalam kegiatan di sekolah berjalan melawati satu pintu,
sehingga untuk tanggung jawab serta pengelolaan managemen keuangan dapat
dipantau sehari-hari serta lebih terorganisir.
Disamping itu, dengan berjalan
baiknya perbankan, maka akan mensejahterakan semua yang terlibat didalam. Hal
ini dimungkinkan karena, laba hasil operasi dari bank akan kembali dinikmati
oleh seluruh civitas yang terlibat didalamnya dengan adanya pembagian laba
usaha diakhir tahun.
SOFTWARE INTEGRATED MINI BANK
Adalah program yang didisain/dirancang
untuk digunakan sebagai sistem perbank-an dalam laboratorium Bank di sekolah.
Didalam software ini sudah tercakup unturatek melayani TABUNGAN, PINJAMAN serta
SISTEM AKUNTING.
Spesifikasi Software Integrated Mini Bank:
1. Tabungan Nasabah.
Seperti Penyimpan Tabungan,
Pengambilan Tabungan, Penutupan Rekening Tabungan dan Tampilan/Proses lain yang
yang berkaitan dengan Tabungan.
Dalam kelompok ini pekerjaan pencetakan/tampilan, dapat
mencetak kedalam kartu kontrol per-nasabah, mencetak transaksi tabugan dalam
satu hari dan fasilitas tampilan/cetakan lainnya.
2. Pinjaman/Kredit.
Dalam fasilitas ini, dapat menangani
pekerjaan mulai dari pencatatan pemberiaan kredit kepada nasabah,
menangani proses pembayaran setoran kredit serta proses lain yang berkaitan
dengan kredit pinjaman. Dan pencetakan yang bisa dilakukan dalam kelompok
pekerjaan inami atara lain, mencetak kartu kartu per-peminjam,
menampilkan rekap peminjam serta fasilitas lain yang berkaitan dengan Pinjaman.
3. Sistem Akunting.
Fasilitas yang terangkum dalam
kelompok ini antara lain untuk melakuka penjurnalan atas transaksi yang
ada dalam kegiatan sehari-hari, membuat laporan keuangan (Laba/Rugi, Neraca
Saldo atau Neraca Harian) serta fasilitas lain yang berkaitan didalamnya.
Perlu juga dijelaskan, karena softaware ini
terpadu/integrated maka baik proses Tabungan atau Pinjaman akan secara otomatis
mengaitkan diri dengan sistem akuntansi. Misalnya dalam Tabungan terjadi
transaksi simpanan, maka program tabungan akan melakukan pencatatan jurnal
akuntansi : Kas (debet) dan Tabungan (kredit). Demikian juga Pinjaman, apabila
ada
transaksi pemberian kredit terhadap nasabah, maka program akan la1ngsung mencatat kedalam jurnal akuntansi : Pinjaman Yang Diberikan (debet) dan Kas (kredit)
transaksi pemberian kredit terhadap nasabah, maka program akan la1ngsung mencatat kedalam jurnal akuntansi : Pinjaman Yang Diberikan (debet) dan Kas (kredit)
PEDOMAN PRAKTIKUM
Praktikum
Bank Syariah
Praktikum
Bank Syariah bertujuan memberikan bekal kemampuan pelajar terutama pelajar kejuruan di lapangan
kerja dalam menerapkan konsep operasional Bank Syariah dengan mengintegrasikan
beberapa materi perbankan.
·
diantaranya :
Customer Service, Tehnik Administrasi Bank, Manajemen
Dana Bank, Komunikasi Bisnis, Studi Kelayakan Bisnis dan Perbankan Syariah. Keseluruhan materi
yang sudah dipelajari pada
sebelumnya
akan dipraktikkan dalam Laboratorium Riil Banking Syariah. Didalam Praktikum Bank
Syariah pelajar diharapkan
dapat mengaplikasikan semua teori pendukung yang diperoleh dalam kegiatan
belajar sebelumnya.
·
yakni :
perencanaan
manajemen pendanaan, bidang kerja pelayanan (customer service dan teller),
Marketing (marketer dan analis kelayakan usaha/account officer), serta
penyusunan laporan keuangan bank syariah.
1.
Manfaat Mata pelajaran
pratikum bank mini:
Keseluruhan
materi yang diberikan akan diarahkan kepada pencapaian kemampuan siswa dalam hal operasional Bank Syariah, siswa mampu menyusun laporan keuangan bank,
melakukan evaluasi atas pelaksanaan operasional bank dan menilai kelayakan usaha calon mudharib.
2.
Tujuan Mata
Pelajaran pratikum bank mini :
Setelah
mempelajari materi yang diberikan, siswa
diharapkan dapat mempraktikkan pelayanan
dalam transaksi produk dan jasa bank, bertindak sebagai petugas customer
service dan teller. siswa juga mampu bertindak sebagai marketer dari produk dan jasa yang ditawarkan oleh produk Bank Syariah,
menjadi analis pembiayaan, menyusun
laporan keuangan maupun mengevaluasinya.
3.
Strategi Perkembangan
Dalam perkembangan ini perlu dilakukan
secara tutorial, diskusi, presentasi, praktek lapang dan praktikum di
laboratorium riil bank sebagai petugas jasa dan layanan bank. Kelompok praktikum
terdiri dari maksimal 5 (lima) orang. Setiap kelompok akan melakukan semua
kegiatan operasional bank. Praktikum dilaksanakan dengan 7 (tujuh) kali
pertemuan didalam laboratorium dan dengan tidak terbatas jumlah waktu untuk
kegiatan dilapangan. Pada pelaksanaan praktikum mahasiswa harus menentukan
strategi perencanaan manajemen dana yang berupa target perolehan dana dan
aktivitas pembiayaan dengan penetapan capaian jumlah nasabah dan total
pembiayaan.
4.
Syarat-syarat bimbingan praktikum
siswa
harus mengikuti serangkaian kegiatan praktikum minimal 85% dari jam perkuliahan
yang telah ditetapkan. Peserta praktikum telah menempuh mata kuliah prasyarat
yang ditentukan serta mempunyai rekening tabungan/deposito pada Mini Bank
Syariah.
5.
Evaluasi
Aspek penilaian berdasarkan
bobot penilaian masing-masing kegiatan praktikum seperti pada tabel dibawah ini
:
a.
Bidang pelayanan (Customer Service)
No
|
Unsur
Yang Dinilai
|
Bobot
|
Nilai
Akhir
(Nilai
Unsur x Bobot)
|
1.
|
Kemampuan Menjelaskan Produk Yang Ditawarkan Mini Bank
Syariah
|
25%
|
|
2.
|
Performance
|
25%
|
|
3.
|
Kecepatan dan
Ketepatan dalam pelayanan
|
25%
|
|
4.
|
Etika Profesi
|
25%
|
|
Total
|
|
100%
|
|
b.
Bidang pelayanan (Teller)
No
|
Unsur Yang Dinilai
|
Bobot
|
Nilai Akhir (Nilai
Unsur x Bobot)
|
1.
|
Kecepatan
|
30%
|
|
2.
|
Ketepatan
|
30%
|
|
3.
|
Kejujuran
|
40%
|
|
Total
|
|
100%
|
|
c.
Marketer (Produk Mobilisasi Dana)
No
|
Unsur
Yang Dinilai
|
Bobot
|
Nilai
Akhir
(Nilai
Unsur x Bobot)
|
1.
|
Presentasi hasil
survey lapang
|
40%
|
|
2.
|
Hasil survey lapang
-
Asal Nasabah
-
Jumlah Nasabah
-
Total Penghimpunan Dana
|
20%
20%
20%
|
|
|
Total
|
100%
|
|
d.
Marketer (Produk Pembiayaan)
No
|
Unsur
Yang Dinilai
|
Bobot
|
Nilai
Akhir (Nilai Unsur x Bobot)
|
1.
|
Capaian Jumlah Nasabah
|
30%
|
|
2.
|
Analisis Kelayakan Pembiayaan
|
20%
|
|
3.
|
Jumlah Pembiayaan yang disalurkan
|
25%
|
|
4.
|
Tingkat Kelancaran Pengembalian
|
25%
|
|
|
Total
|
100%
|
|
e.
Aspek 5 C pada calon Mudharib
No
|
Unsur Yang Dinilai
|
Bobot
|
Nilai Akhir ( Nilai
Unsur x Bobot)
|
1.
|
Keaktifan Diskusi
|
30%
|
|
2.
|
Presensi/Kehadiran
|
20%
|
|
3.
|
Laporan dan Rekomendasi
|
50%
|
|
|
Total
|
100%
|
|
Perhitungan
Nilai Akhir (NA)
Nilai Akhir = 0.25 unsur
nilai A + 0.25 unsur nilia B + 0.2 unsur nilai C + 0.2 unsur nilai D + 0.1 unsur
nilai E
Kriteria Nilai :
Nilai
|
Predikat
|
Huruf
|
80-100
|
Sangat Memuaskan
|
A
|
65-79
|
Memuaskan
|
B
|
55-64
|
Cukup Memuaskan
|
C
|
45-54
|
Kurang Memuaskan
|
D
|
|
|
|
0-44
|
Tidak Memuaskan
|
E
|
Ada refrensinya ngk ? pengertian mini bank nya itu
BalasHapus